Ide parasut pesawat Tatarenko ditolak karena terlalu mahal mewujudkannya. Selain itu, dikatakan Tatarenko, pesawat
juga harus mengurangi kapasitas kursi yang bisa menyebabkan kenaikan
harga tiket pesawat komersil sebesar 15%. Namun menurutnya, kenaikan
harga tiket bukanlah masalah. "Orang akan bersedia membeli tiket untuk penerbangan yang aman, meskipun harganya 15% lebih mahal," yakinnya.
Ditolak Tatarenko
sebenarnya sudah lama memiliki ide ini. Namun dia menunggu sampai
idenya bisa menjadi lebih praktis melalui penemuan bahan komposit karbon
ringan yang tidak akan terlalu meningkatkan bobot pesawat. Demi mereduksi beban pesawat dengan kabin parasut, Tatarenko memperkenalkan bahan kevlar dan komposit karbon sebagai bahan baku sebagian besar badan pesawat rancangannya. Tatarenko kemudian
mendekati rekan-rekannya di perusahaan pesawat Antonov, tempat dia
bekerja hingga Uni Soviet runtuh. Sebagai bagian dari tim yang ikut
mengembangkan pesawat kargo terbesar di dunia Antonov An-225 Mriya pada
1988, Tatarenko tahu kalau Ukraina memiliki semua fasilitas dan staf
profesional yang dibutuhkan untuk mewujudkan idenya. Sayangnya,
saat didekati Tatarenko, Antonov rupanya tak punya cukup uang untuk
merealisasikan proyek ambisius tersebut. Menurut hitung-hitungan
Tatarenko, dibutuhkan USD 1 juta untuk memproduksi satu kapsul. Anggaran
sebesar USD 40-60 juta juga harus disiapkan untuk uji coba pemasangan
kapsul di tiga pesawat jet Ukraina AN-148 keluaran Antonov. Selain mendekati Antonov, Tatarenko juga mencoba mengirimkan proposal ide parasut pesawat itu ke Kementerian Transportasi Ukraina. Namun lagi-lagi, idenya harus ditolak dengan alasan keuangan. Tatarenko
mengatakan para investor dari Kanada, Brasil, AS, dan Rusia pernah
menghubunginya dan menawarkan untuk membeli hak paten sistem tersebut. Tatarenko menolak penawaran tersebut karena ingin perusahaan pesawat
Ukraina yang menerapkan temuannya. Dan hingga saat ini, belum ada
investor Ukraina yang tertarik mendanai idenya tersebut. Berikut ini adalah video yang menggambarkan cara kerja parasut pesawat rancangan Tatarenko yang diupload ulang di YouTube pada 2015. |
0 komentar: