Fitur yang disematkan pada mobil-mobil keluaran baru kian canggih, salah satunya adalah electric parking brake atau EPB. Dengan fitur ini, pengemudi tak perlu mengeluarkan tenaga lebih saat hendak mengaktifkan rem parkir atau rem tangan.
Product
technology of Training Team PT Sokonindo Automobile, Sugihartono
mengatakan, rem parkir elektrik yang disematkan pada mobil biasanya ada
dua tipe, yakni masih memakai kabel dan yang menggunakan kaliper.
"Untuk
model pertama, menggunakan kabel baja untuk pengaktifkannya. Jadi,
motor dan modul EPB menarik kabel, lalu kabelnya menarik kampas rem di
belakang.
Model caliper type ini tidak pakai kabel baja, karena
motor EPB lansung ditempel di kaliper rem belakang," paparnya saat
konfrensi pers virtual beberapa waktu lalu.
Pria yang akrab disapa Sugi itu mengatakan, pada produk DFSK Glory
Series yang diproduksi dan dipasarkan di Tanah Air, telah dilengkapi
dengan rem parkir elektrik caliper type, untuk menambah kenyamanan dan keamanan penggunanya.
Penggunaan EPB itu diklaim aman karena tidak lagi menggunakan sistem
kabel baja untuk mengaktifkan rem parkir seperti kendaraan lainnya.
Sehingga, kata dia, kemungkinan kabel baja tersebut berkarat dan macet
tidak lagi terjadi.
"Kemungkinan rem parkir ini macet karena kabelnya rusak atau karat
sangat kecil pada unit mobil yang menggunakan EPB, walaupun rem
parkirnya diaktifkan dalam waktu yang lama," ujarnya.
Meski
demikian, kata dia, pemilik kendaraan juga arus memperatikan kondisi
cakram dan komponen piringan rem kendaraannya.
Jika kendaraan diparkir
lama dengan kondisi rem tangan diaktifkan, maka komponen tersebut bisa
menempel bakan berkarat.
"Kalau memungkinkan, memang mobilnya arus dipakai atau bergerak, supaya rem dan komponen lainnya tetap oke," paparnya. |
0 komentar: