Dalam kasus lain, Google membuat desain emojinya dengan tampilan yang
lebih berani sehingga membantu mengingatnya kendati ditampilkan dalam
ukuran kecil sekalipun. Emoji
croissant dan bacon sekarang akan lebih bersinar, sementara gunting
memiliki tepi tajam. Kendaraan seperti mobil dan taksi juga telah
disesuaikan proporsinya agar lebih menarik perhatian. Lalu emoji
bikini yang akhirnya tidak lagi terlihat seperti sedang dipakai oleh
orang yang tidak terlihat, dan emoji masker wajah sekarang menunjukkan
wajah dengan mata terbuka. Google mengatakan membuat perubahan ini
untuk mencerminkan fakta bahwa masker telah menjadi cara universal
untuk menunjukkan kebaikan kepada orang lain daripada simbol seseorang
yang sakit. Bukan
hal yang aneh bagi perusahaan untuk mendesain ulang emoji seperti ini,
baik untuk mengoreksi ketidakakuratan atau mencerminkan perubahan
asumsi budaya tentang cara penggunaannya. Tahun lalu, Apple
membuat perubahan serupa pada emoji topeng untuk menunjukkan wajah
tersenyum di bawah topeng, dan juga mengubah emoji jarum suntiknya agar
lebih sesuai sebagai simbol vaksin. Pada 2019, mereka bahkan memperbarui emoji
sempoa setelah orang-orang menunjukkan masalah dengan desain lamanya. Dan jangan lupa desain ulang Google untuk emoji burger dan birnya
sebagai tanggapan atas protes di tahun 2017. |
0 komentar: