Pelaku bisnis lokal peralatan masak, Maxim dan kebutuhan seprai/bed
cover Kintakun membagikan tips dalam berjualan secara online. Adapun
tips tersebut untuk meraih keuntungan lebih banyak bagi perkembangan
bisnis. Tips tersebut salah satunya yakni dengan memanfaatkan
TokoCabang. TokoCabang merupakan layanan pemenuhan pesanan (fulfillment
service) dari marketplace Tokopedia. Head
of Fulfillment Tokopedia, Erwin Dwi Saputra mengungkapkan kehadiran
TokoCabang di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung,
Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang, diharapkan dapat menjawab
tantangan logistik antarpulau. "Dan membantu pelaku usaha memaksimalkan keuntungan sekaligus
memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh penjuru," ujarnya dalam
keterangan tertulis. Selain memanfaatkan layanan fulfillment service dari Tokopedia, Maxim dan Kintakun mengungkapkan beberapa tips lainnya. 1. Hadirkan Inovasi yang Relevan Sama-sama
berawal dari kanal offline, Maxim dan Kintakun akhirnya berinovasi
memanfaatkan kanal digital dalam berbisnis. General Manager Maxim
Dwiarta Alim mengatakan ini merupakan upaya untuk terus relevan dengan
tren dan kebutuhan masyarakat. "Platform digital seperti Tokopedia
membantu kami meningkatkan kepuasan pelanggan lewat berbagai fitur
maupun layanan, salah satunya TokoCabang. Sejak menggunakan TokoCabang
pada Mei 2020, pesanan naik hingga dua kali lipat," tambah Dwiarta. Sementara itu, Chief Operating Officer Kintakun Vincent Saputera juga mengungkapkan TokoCabang mendorong kenaikan pesanan lebih dari tiga kali lipat. "Kami juga terus melakukan inovasi produk untuk mempertahankan pelanggan dan menarik calon pembeli baru," lanjut Vincent. 2. Maksimalkan Potensi Sekitar Vincent menjelaskan Kintakun berangkat dari kondisi dan potensi masyarakat sekitarnya. "Awalnya ada sebuah pabrik dekat rumah yang bangkrut dan harus merumahkan semua karyawannya," jelas Vincent. Vincent mengaku, dia tergerak untuk menciptakan peluang bisnis dan memberdayakan mereka yang terkena PHK tersebut. 3. Puaskan Lebih Banyak Pembeli TokoCabang
memungkinkan penjual menitipkan stok di gudang-gudang pintar Tokopedia
di wilayah dengan jumlah permintaan tinggi. Untuk menjangkau pembeli
baru sekaligus mengatasi lonjakan pesanan, Dwiarta menyarankan
penggunaan layanan TokoCabang karena layanan pengiriman yang cepat dan
hemat menjadi incaran masyarakat. "Lonjakan pesanan di toko kami
yang mencapai 3.000 transaksi per bulan dapat teratasi dengan baik
berkat pemanfaatan TokoCabang. Mulai dari menerima pesanan, mengemas
hingga mengantarnya ke kurir, semua bisa dibantu oleh TokoCabang," jelas
Dwiarta. 4. Bebas Ongkir Extra Ada beberapa fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan para penjual di TokoCabang, salah satunya Bebas Ongkir Extra. "Dengan
adanya fitur ini, pembeli dari berbagai daerah, seperti Maluku dan
Papua, tidak perlu khawatir lagi dengan biaya pengiriman," kata Vincent. 5. Kelola Stok Produk dengan Baik Melalui banyaknya fitur hingga pembaruan dasbor yang lebih komprehensif, TokoCabang memudahkan pelaku usaha mengelola stok produk. "TokoCabang
sangat membantu proses operasional sehingga kami dapat fokus
mengembangkan produk dan bisnis dengan lebih mudah," tutup Dwiarta. |
0 komentar: