Sesuai dengan situasi di tengah pandemi saat ini, Line
menggelar Line AI Day 2020 bertema membentuk pondasi normal baru dengan
produk dan solusi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan
Line.
Sederet fitur AI dipamerkan Line di sini.
Di
ajang ini, Line mengumumkan integrasi solusi AI miliknya yang bernama
Clova dan Line Brain, menjadi Line Clova. Integrasi ini menyediakan
ragam solusi AI yang terbagi ke dalam tiga pilar, yakni Teknologi,
Solusi, dan Perangkat.
Dalam konferensi yang berlangsung secara virtual, CEO Line AI Company
Shinichiro Isago menjelaskan, solusi AI dari Line dimulai dengan
peluncuran Clova, asisten AI yang fungsional bagi pengguna.
Hadirnya Clova memungkinkan pengguna mengecek cuaca, memutar musik, dan mengirim maupun menerima pesan Line hanya dengan menggunakan suara mereka.
"Fungsi-fungsi ini didukung teknologi AI seperti pengenalan suara dan speech synthesis," jelas Isago.
Line
kemudian mengumumkan peluncuran Line Brain yang merupakan sebuah bisnis
baru yang dibangun untuk mengembangkan sekaligus memasarkan teknologi
AI yang dibuat Line ke sejumlah perusahaan.
Karenanya, penggabungan Clova dan Line Brain menjadi Line Clova, akan
menyediakan ragam solusi yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari
penggunanya.
Di pilar teknologi, Line Clova menyediakan solusi AI mulai dari chatbot, Optical Character Recognition (OCR), pengenalan suara, hingga pengenalan wajah.
Line
Clova juga menyediakan solusi untuk beragam industri dengan
menghadirkan Clova Assistant, Line AiCall dan Line eYKC.
Salah satu
contoh pemanfaatan solusi ini adalah penggunaan Line AiCall untuk
layanan reservasi di restoran.
Teknologi ini dapat secara otomatis
menerima dan mengonfirmasi reservasi dengan menjawab panggilan telepon
yang masuk.
Tidak seperti mesin penjawab telepon biasa, teknologi ini
dapat mengenali suara pelanggan dan memberikan respon yang tepat.
Nah,
di masa yang akan datang, industri restoran bisa menggunakan teknologi
ini jika mereka ingin menggunakan AI untuk layanan reservasi mereka. |
0 komentar: