Saingan TikTok dari Instagram, yaitu Reels diluncurkan di Prancis dan Jerman. Sebelumnya fitur ini dinilai sukses di Brasil.
Dilansir
dari Tech Crunch, Rabu (1/7/2020) Reels tahun 2019 diluncurkan di
Brasil.
Kini, pengguna Instagram di Prancis dan Jerman juga bisa mencoba
merekam video pendek 15 detik.
Reels memang mirip TikTok dengan
aneka fitur editan dan efek-efek untuk menghasilkan video yang kreatif.
Percobaan Reels di Brasil dinilai positif untuk meningkatkan fiturnya.
Reels
tadinya menjadi bagian dari Instagram Stories.
Namun pengguna ingin ini
bisa menjadi postingan permanen yang bisa di-share kepada teman dan
follower.
Para pengguna juga ingin bisa dengan mudah melakukan kompilasi atau
menonton Reels milik pengguna lain. Itulah yang kini akan dicoba di
Prancis dan Jerman.
Reels bisa punya tempat di Profile dan Explore sehingga pengguna bisa berbagi di Instagram Feed mereka. Perubahan ini diharapkan meningkatkan keterpaparan Reels dan penggunanya.
Reels adalah percobaan kedua Facebook selaku induk perusahaan, untuk menyaingi TikTok.
Sebelumnya Facebook pernah meluncurkan aplikasi video Lasso, namun gagal di pasaran. Dengan memasukkan fitur ini ke Instagram, harapannya bisa lebih
sukses.
Karena, Instagram sudah punya basis pengguna yang banyak.Tampaknya
Reels akan mengambil posisi di antara Stories yang umum dan IGTV yang
lebih menarik bagi kreator konten profesional.
Jika konten TikTok lebih
pada replikasi konten oleh para penggunanya, misalnya joget yang sama,
lelucon yang sama, lip sync yang sama, maka Reels akan dibikin lebih
bebas dalam kreasi.
Tinggal waktu yang akan menjawab, apakah Reels nantinya akan sukses secara global atau tidak untuk menyaingi TikTok. Kita tunggu saja! |
0 komentar: