Clubhouse bisa dibilang aplikasi elit yang dipakai orang terpilih, salah satu penggunanya adalah Elon Musk sang bos SpaceX dan Tesla. Dikutip dari The Guardian,
ini dia fakta-fakta menarik seputar aplikasi Clubhouse. Omong-omong,
apakah ada salah satu di antara kalian yang sudah memiliki aplikasi ini? 1. Apa itu Clubhouse? Clubhouse
adalah aplikasi jejaring sosial berdasarkan audio-chat. Pengguna dapat
mendengarkan percakapan, wawancara, dan diskusi antara orang-orang
tentang berbagai topik. Ini seperti mendengarkan podcast tetapi secara
langsung.
Yang menarik, Clubhouse hanya
untuk undangan. Kamu tidak bisa men-downloadnya dari App Store dan
membuat akun. Sama seperti klub eksklusif, kamu harus diundang untuk
bergabung dengan anggota yang sudah ada. Saat bergabung, kamu bisa
memilih topik yang menarik, seperti teknologi, buku, bisnis, atau
kesehatan. Semakin banyak informasi yang kamu berikan kepada aplikasi
tentang minatmu, semakin banyak ruang percakapan dan individu yang
direkomendasikan aplikasi untuk kamu ikuti. 2. Apa yang Elon Musk lakukan di dalamnya? Clubhouse sudah
ada sejak Maret 2020, ketika diluncurkan oleh pengusaha Silicon Valley,
Paul Davidson dan Rohan Seth. Pada Mei 2020, itu hanya memiliki 1.500
pengguna, dan bernilai USD 100 juta. Tapi kemudian Clubhouse
menjadi semakin terkenal ketika Elon Musk menyelenggarakan obrolan audio
di Clubhouse dengan CEO Robinhood Vlad Tenev. Acara tersebut
memaksimalkan batas ruang percakapan aplikasi dan dialirkan secara
langsung ke YouTube. Ini membantu mendorong Clubhouse ke puncak tangga
startup dan memicu perebutan undangan. Per 1 Februari 2021,
Clubhouse memiliki 2 juta pengguna. Clubhouse telah mengumumkan
fitur-fitur baru yang akan datang, seperti tip, tiket, atau langganan,
untuk membayar kreator secara langsung di aplikasi. Setelah mengumpulkan
dana baru sejak diluncurkan, Clubhouse kini bernilai USD 1 miliar, dan
dianggap sebagai startup Unicorn seperti AirBnb, Uber, dan SpaceX. 3. Mengapa Clubhouse sangat populer di China? Situs e-commerce di China menawarkan kesempatan kepada pengguna Clubhouse yang
berharap untuk membeli undangan. Platform seperti Xianyu dan Taobao,
kode undangan dijual dengan harga antara 150 - 400 yuan. Dengan
sensor dan kontrol pemerintah yang tersebar luas di China, Clubhouse
belum diblokir oleh firewall China, seperti jaringan media sosial
lainnya, Instagram dan Facebook. Quartz
melaporkan bahwa pengguna China, sebagian besar investor dan
profesional teknologi. Mereka menggunakan ruang untuk berbicara tentang
topik yang bebas seperti demokrasi. |
0 komentar: