Masa pandemi mendorong peralihan cara berbelanja masyarakat. Tren
belanja online meningkat, termasuk dalam hal pembelanjaan kebutuhan
sehari-hari. Transisi cara belanja masyarakat tersebut dijawab Tokopedia dengan
menghadirkan TokoMart. Halaman khusus tersebut dilengkapi teknologi
geo-tagging agar mempermudah masyarakat menemukan toko terdekat dari
lokasinya.Di TokoMart, pengguna Tokopedia bisa berbelanja produk sembako, makanan
dan minuman, dan berbagai kebutuhan rumah tangga lainnya.
"Sepanjang tahun 2020, kategori F&B menjadi salah satu kategori
paling populer di Tokopedia. Bahkan mengalami peningkatan transaksi
sebesar 3 kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi," jelas
Merchant Development Senior Lead Tokopedia Hartawan Lesmana dalam
keterangan tertulis. "Produk seperti telur, ikan, mie instan, teh, madu dan kopi lokal menjadi yang paling diburu masyarakat," imbuhnya. Hartawan memaparkan Tokopedia
berkolaborasi dengan para mitra di berbagai daerah, yang menyediakan
produk-produk kebutuhan rumah tangga, sembako, hingga makanan. "Tingginya
antusiasme masyarakat mendorong kami untuk menghadirkan TokoMart. Kami
juga berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, dalam hal ini pegiat
usaha di Indonesia, mulai dari Hypermart, LotteMart Indonesia, Sayurbox
hingga sejumlah UMKM lokal dari berbagai industri, untuk menyediakan
lebih dari 200 ribu pilihan produk di halaman Tokomart," ulas Hartawan. Ia
menambahkan kehadiran TokoMart dapat membantu para pegiat usaha untuk
menjangkau konsumennya. Inovasi geo-tagging memprioritaskan penjual
terdekat dari domisili pembeli, sehingga pelaku usaha pun menjadi lebih
mudah memaksimalkan penjualan. Pada fase pertama inovasi
geo-tagging ini berlaku untuk mitra Tokomart di wilayah Jabodetabek dan
Bandung. Hartawan menekankan Tokopedia akan terus menambahkan wilayah
lainnya agar kemudahan ini segera dapat dimanfaatkan oleh seluruh
masyarakat Indonesia. Ia
menyebut selain bisa mendapatkan ongkir lebih murah, masyarakat bisa
menikmati nilai tambah lain setiap harinya untuk membuat belanja semakin
hemat. Misalnya flash sale, cashback dan diskon hingga 50%. Ada juga
bebas ongkir untuk berbagai jenis pengiriman. "Ke depannya,
Tokopedia akan terus berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa berkolaborasi
bersama para mitra strategis untuk menghadirkan pengalaman berbelanja
yang lebih lengkap, mudah dan hemat bagi masyarakat. Upaya bersama ini
bisa mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya
pelaku usaha, sekaligus membantu pemulihan ekonomi nasional," cetus
Hartawan. Hartawan mengatakan untuk mendapatkan produk-produk kebutuhannya masyarakat bisa mengakses TokoMart lewat kolom pencarian di Tokopedia. |
0 komentar: