Instagram Shopping Hadir untuk Bantu Bisnis dan Kreator Jualan Online

Instagram akhirnya meluncurkan fitur Shopping di Indonesia. Fitur ini hadir untuk memudahkan bisnis dan kreator lokal untuk jualan online di tengah pandemi.

Country Director Facebook Indonesia Pieter Lydian mengatakan fitur ini diluncurkan karena melihat semakin banyak pengguna Instagram yang mengikuti akun bisnis dan kreator untuk mencari inspirasi berbelanja.

"Hari ini kita meluncurkan fitur Shopping untuk semua akun bisnis dan akun kreator di Indonesia," kata Pieter dalam konferensi pers online.

"Fitur ini sudah lama ditunggu, senang sekali akhirnya kita bisa bawa ini ke Indonesia dan bukan hanya untuk akun bisnis saja tapi akun kreator," sambungnya.

Saat ini fitur Instagram Shopping digulirkan secara bertahap, jadi tidak semua akun akan langsung bisa mengaksesnya. 

 Tapi Pieter mengatakan pihaknya sedang bekerja secepat mungkin agar bisa digunakan oleh semua akun bisnis dan kreator di Indonesia.

Dengan fitur Instagram Shopping, akun bisnis bisa mengunggah foto produknya dan menambahkan tag yang terhubung dengan deskripsi produk, misalnya harga dan nama produk. 

Tag ini juga terhubung dengan situs milik akun bisnis dan pengguna Instagram bisa langsung bertransaksi di situs tersebut.

Untuk saat ini transaksi hanya bisa dilakukan di situs milik pebisnis, dan bukan di platform Instagram langsung karena fitur checkout dan pembayaran lewat Instagram baru tersedia di Amerika Serikat.

Instagram Shopping di IGTV Foto: Instagram

Bersamaan dengan kehadiran Instagram Shopping di Indonesia, anak usaha Facebook ini juga menghadirkan fitur Shopping di IGTV. 

Jadi fitur Shopping saat ini bisa diakses lewat feed utama, Stories dan IGTV.

Fitur tersebut diluncurkan secara global mulai hari ini dan bisa memberikan lebih banyak opsi bagi pebisnis dan kreator untuk membuat konten yang lebih menarik.

Tab Shopping yang diuji coba Instagram Foto: Instagram

Instagram juga saat ini sedang menguji coba fitur tab Shopping yang akan ditampilkan di halaman utama aplikasi. 

Pieter mengatakan fitur ini akan segera diluncurkan secara global untuk semua pengguna Instagram.

"Dengan tab tersebut pengguna akan semakin mudah menemukan brand dan bisnis favorit mereka. 

Inisiatif ini kita lakukan sebagai salah satu upaya kami untuk membantu UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih besar lagi dan lebih banyak pelanggan," pungkas Pieter.

0 komentar: