Mesin Mobil Ngelitik, Ini Penyebabnya


Salah satu masalah bagi pengendara mobil adalah mesin ngelitik. Yakni situasi di mana suara mesin seperti diketok-ketok dengan cepat. Kebanyakan orang menyebutnya mesin ngelitik, namun istilah teknisnya adalah engine knocking.
"Penyebab mesin ngelitik ada banyak. Seperti piston head atau ruang bakar yang kotor," ujar Santoso, mekanik Bengkel Berkah Jaya Abadi Ciputat, Rabu, 3 September 2014. "Namun secara teknis, ngelitik terjadi karena kinerja mesin yang tak maksimal, akibat sistem pembakaran tidak sempurna."
Santoso pun menjelaskan ada beberapa penyebab mesin mobil ngelitik :
1. Sistem kelistrikan rusak
Engine knocking umumnya akibat masalah sistem pengapian atau kelistrikan. Misalnya, kepala distributor yang rusak atau kotor, kabel busi rusak, atau busi tidak berfungsi baik.
Untuk mengidentifikasi kabel busi yang rusak, Anda dapat melepas semua kabel dari busi dan bagian kepala. Lalu arahkan ujung kabel busi tadi ke tubuh mesin dan nyalakan mobil. Dalam tahap ini, perhatikan pula ada tidaknya lompatan api.
Cara yang hampir sama bisa Anda lakukan guna untuk menelusuri kerusakan busi. Bedanya, buka busi dari mesin lalu pasang dan hubungkan bagian kepala dengan kabel busi. "Jika kepala distributor kotor, cukup bersihkan dengan amplas halus," kata Santoso. "Tapi kalau kabel busi tidak menghantarkan listrik, kabel itu harus diganti. Juga dengan busi yang rusak."
2. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai
Mesin ngelitiik bisa pula karena pemakaian bahan bakar yang salah. Faktor ekonomi kadang membuat pemilik mobil memilih menggunakan bahan bakar beroktan rendah. Meski mobil tersebut harusnya menggunakan BBM dengan oktan tinggi.
Jika Anda sudah terlanjur telah mengisi tangki dengan BBM jelek, tidak perlu membuangnya. Cukup dengan mengisi dengan BBM beroktan tinggi seperti Pertamax, atau yang setara, dengan volume yang cukup.
"Bila mesin masih juga ngelitik, Anda bisa membeli bahan penambah nilai oktan. Zat ini dijual di bengkel dan pom bensin," kata dia.
3. Overheat
Kompresi serta temperatur tinggi pun bisa memicu pembakaran lebih awal, sehingga mesin ngelitik. Karena itu, Anda wajib merawat sistem pendingin mesin. Cek radiator, kipas radiator, selang, pompa air, serta thermostat. "Bila salah satu komponen ini bermasalah, akan terjadi overheat dan menimbulkan ngelitik," kata Susanto.
4. Cara mengendara yang salah 
Mesin ngelitik juga bisa disebabkan dari gaya mengemudi si pemilik mobil. Perlakuan terhadap mobil yang salah akan membuat mesin cepat rusak dan mengelitik. Perlakuan salah itu seperti menggunakan posisi gigi yang tidak seimbang dengan kecepatan mobil, menggunakan gigi tinggi pada kecepatan rendah, kebiasaan menambah kecepatan mobil secara tiba-tiba, atau memberikan beban di luar kemampuan mesin
"Pelajari dan patuhi cara memperlakukan mobil atau mengemudi dengan cara yang baik dan benar. Normalnya penggantian gear pada rpm 3000," ujarnya.

0 komentar: