Ello, Jejaring Sosial Anti FB & Bebas Iklan
Berjejaring sosial di FB identik dengan dua hal. Pertama adalah iklan, kedua terkait privasi. Ello singkirkan dua hal itu. Sebuah jejaring sosial anti-Facebook yang mengklaim bebas iklan dan bebas isu privasi. Seperti apa?
Tawarkan layanan bebas iklan tentu saja sangat didambakan user. Selama ini pengguna FB mengeluhkan bagaimana aktivitas iklan di situs tersebut yang ‘menggila’. Tak hanya soal tampilan yang terus menjejali namun juga bagaimana data user yang dieksplorasi.
Ello menyebut bila data user Facebook telah ‘dijual’ ke pengiklan. Sebab user adalah produk (FB) dan itu yang bisa dimonetisasi jadi pundi-pundi pemasukan. Data user kemudian diolah dan kemudian dikonversi jadi iklan relevan.
Didesain oleh desainer Paul Budnitz, Ello saat ini masih bersifat invite only. Hanya mereka yang miliki ‘undangan’ dipersilakan untuk bergabung. Permintaan invite pun dikabarkan membludak. Dalam satu jamnya, Ello menerima 4.000 request.
Pertanyaan selanjutnya, jika Ello tidak tampilkan iklan, dari mana situs tersebut miliki biaya untuk operasional? Jalan lain untuk monetisasi dilakukan dengan cara ‘jualan’ fitur. Memang Ello bisa dipakai gratis dan user bisa bebas berinteraksi di dalamnya. Tapi, jika ingin mencoba fitur baru mereka wajib membayar.
Jadi ada dua hal terkait absennya iklan. Pertama, tampilan news feed lebih bersih serta atraktif. Kedua, karena sifatnya yang 100% free maka hadir sejumlah fitur premium yang bisa dicoba dengan cara berbayar. Ello kini masih dalam tahap beta dan bisa diakses di alamat Ello.co
|
0 komentar: